Total Tayangan Halaman

Selasa, 03 Mei 2011

Mitaca Cappucinatore

Saat saya membuat tulisan ini, seseorang melalui pesan singkatnya sedang berjuang untuk membuat espresso dengan mesin sistem lever yang menggunakan piston. Rasanya kontradiktif dengan mesin espresso Mitaca Cappucinatore yang baru saja saya bongkar dan langsung bisa menikmati hasinya walau mesin espresso komersial tentu bukan lawan seimbang alat  yang lucu ini. Terlepas dari kenyamanan menggunakan Mitaca, secara perlahan, namun pasti mesin kapsul mulai membentuk pasar tersendiri walau masih terbatas penggunaannya untuk kantor, villa, resort, kamar hotel, serta restoran. Dengan harga di bawah empat juta Mitaca ditujukan khusus bagi penggemar kopi Italia yang menginginkan kepraktisan dan kecepatan serta tanpa harus berinvestasi peralatan seperti grinder, tamper, dan lainnya.
Mitaca yang sebagian sahamnya dimiliki oleh Illy memang bukan untuk keperluan komersial, tapi ditujukan untuk kelengkapan di kantor maupun individu. Walau Dari sisi harga, Mitaca lebih murah dibandingkan dengan Francis Francis X7, namun secara kinerja tidaklah jauh berbeda. Bila kapsul untuk mesin Francis dijual 10 ribu/kapsul, maka Mitaca cukup membanderol harga setengahnya yang dikemas dalam sachet vakum yang diisi dengan Nitrogen untuk menjaga freshness.
Menggunakan Mitaca sangatlah mudah karena memang didesain agar mesin ini bisa  beroperasi dalam waktu yang sangat singkat. Tinggal masukan air ke dalam kontainer plastik yang berkapasitas 1.5 liter dan sambungkan kabelnya ke listrik. Tunggu sekitar 2 menit dan Mitaca sudah siap digunakan dan tidak memerlukan portafilter seperti pada Francis X7.  Hanya membuka tutup bagian atas untuk mengakses slot kopi kapsul lalu tutup kembali dan tekan tombol brewing. Sistem kopi kapsul Mitaca akan memproses perintah dengan  memompa air panas dengan tekanan 18 bar untuk menghasilkan 30ml espresso.
Pada bagian steam, Mitaca memperlihatkan keunggulan dibandingkan dengan Francis karena lebih mudah digunakan. Saya menduga hasil steamnya  tidaklah terlalu halus, namun mesin ajaib ini mampu membuat microfoam yang sangat layak.
Intinya, bila Anda rela membelanjakan 5 ribu per gelas untuk kopi idaman dengan hasil yang selalu konsisten, Mitaca Cappucinatore bisa jadi teman yang sangat menyenangkan dan terbebas dari segala pernik aksesoris dan peralatan barista.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar